New Arrivals

MANGIR

Filled under : Drama , feature , jual buku baru , Novel Historis , novel lokal , Pramoedya Ananta Toer

mangir-pramoedya-ananta-toer Penulis : Pramoedya Ananta Toer

Penerbit : KPG (2011)

Tebal : 140 halaman

Kategori : fiksi,drama

Jenis kover : soft cover

Kondisi : baru, segel

Harga : Rp. 37.800 ( Hemat Rp. 4.200 )

Berat : 180 gram

Bahasa : Indonesia

 

GR_NB

RATING

3,5-star  3.31 avg rating – 248 ratings

 

SINOPSIS

Setelah Majapahit runtuh pada 1527, Jawa kacau balau dan bermandi darah. Kekuasaan tak berpusat, tersebar praktis di seluruh kadipaten, kabupaten, bahkan desa. Perang terus menerus terjadi untuk memperebutkan penguasa tunggal. Permata-permata kesenian, baik di bidang sastra, musik dan arsitektur tidak lagi ditemukan. Selama hampir satu abad Jawa dikungkung oleh pemerintahan teror, yang berpolakan tujuan menghalalkan cara.

Salah satu bentuk pemerintahan teror itu diuangkapkan secara jernih dalam buku ini. Panembahan Senapati, Raja Mataram kurun 1575-1607, yang bercita-cita menjadi penguasa tunggal, menundukkan perlawanan gigih penduduk desa Mangir dengan cara kotor dan keji. Wanabaya atau Ki Ageng Mangir, pemimpin desa yang letaknya kurang dari 20 km dari ibukota, dirayu putri kesayangan Senapati, dijebak, dan kemudian dibunuh dalam sebuah pertemuan keluarga.

Buku ini, yang ditulis Pramoedya di Pulau Buru dan sempat hilang selama beberapa tahun, membuka wawasan kita untuk melihat lebih seksama kelemahan dan ketimpangan dari sistem pemerintahan masa lalu, serta pengaruhnya pada masa sekarang.


Bookmark and Share

Posted by niagarabuku

Tags: Drama , feature , jual buku baru , Novel Historis , novel lokal , Pramoedya Ananta Toer

  • Socrates

    S o c r a t e s :





  • TESTIMONIAL